Monday, May 20, 2013

10 Beladiri Paling Mematikan di Dunia

Beladiri merupakan suatu bentuk olahraga untuk melindungi diri dari hal" jahat / ilmu pertahanan diri, bisa juga dalam pertempuran. beladiri juga bisa menjadi suatu tradisi / kebudayaan. dalam pelatihan beladiri kita bisa meningkatkan kemampuan bertarung, kebugaran jasmani, meditasi, mengolah mental, pengembangan karakteristik, dan juga untuk meningkatkan rasa percaya diri. disini saya akan mengenalkan beberapa seni / olahraga beladiri yang sudah mendunia, bisa dibilang mematikan di dunia.

1. Karate
Karate berarti "tangan kosong" dalam bahasa Jepang. Karate adalah salah satu bela diri yang populer. Berasal 100 tahun yang lalu, dari pulau Okinawa, tidak merangkap di daratan Jepang sampai awal tahun 1900-an, saat Master Gichin Funakoshi menyederhanakan teknik pertahanan diri, dan menambahkan aspek filosofis. Ada banyak gaya dalam Karate, namun mempunyai karakter menangkis, memukul, dan menendang yang sama. Sekarang, Karate telah dipraktekkan dan dipelajari di seluruh dunia.

2. Tae Kwon Do
Di dalam Bahasa Korea bisa diartikan "Seni tangan dan kaki", tapi Tae Kwon Do lebih terkenal dengan teknik-teknik tendangan dari pada serangan tangan. Orang-orang yang berlatih Tae Kwon Do percaya, karena kaki lebih panjang dan umumnya lebih kuat dari tangan, maka kakilah senjata terbaik yang dimiliki mereka. Tae kwon do sebagai olahraga dan latihan sangat terkenal untuk berbagai usia dan gender. Berkat jutaan orang yang berlatih, kini Tae kwon do masuk sebagai cabang olahraga bela diri di Olimpiade.

3. Judo
Judo yang berarti "cara yang lembut", adalah seni bela diri modern yang berasal dari abad ke-19 di Jepang. Seni ini ditemukan oleh Jigoro Kano, yang ketika masih muda sering ditindas oleh teman-temannya. Setelah pengalamannya yang tidak memuaskan dengan Jujitsu, ia mengembangkan tekniknya dengan menyapu dan membanting yang membuat ukuran dan kekuatan tidak relevan. Seperti Tae kwon do, Judo juga merupakan olahraga di olimpiade. Tujuan utama dalam kompetisi Judo adalah untuk membanting musuh ke tanah atau mengunci musuh sampai ia menyerah.

4. Brazilian Jiu - Jitsu
Brazilian Jiu - Jitsu merupakan Seni bela diri, olahraga tempur , dan pertahanan diri sistem yang berfokus pada bergulat dan terutama melawan tanah . Brasil jiu-jitsu dibentuk dari Kodokan Judo tanah pertempuran (Ne-Waza) fundamental yang diajarkan kepada Carlos Gracie oleh guru Mitsuyo Maeda . Brasil jiu-jitsu akhirnya datang untuk menjadi seni tersendiri melalui eksperimentasi, praktik, dan adaptasi dari Judo pengetahuan Carlos dan Helio Gracie, yang kemudian diteruskan pengetahuan mereka ke keluarga mereka. 

5. Kung Fu
Istilah "Kung Fu", tidak menjurus kepada teknik-teknik bela diri Cina, melainkan lebih kepada "keahlian atau kemampuan melakukan sesuatu". Nama yang lebih akurat adalah "Wushu", yang mana adalah sebuah bela diri modern dari Cina. Kung Fu dipercaya dibuat ribuan tahun lalu oleh seorang biksu Buda bernama Bodhidharma untuk membantu muridnya berkonsentrasi saat meditasi. Secara harfiah, ada ratusan gaya kung fu/wushu yang berbeda sekarang. Beberapa yang terkenal adalah Shaolin, Wing Chun, dan Tai Chi.

6. Capoeira
Seni ini bukan datang dari Asia, tapi dari Brazil. Capoeira diciptakan pada saat abad ke-19, oleh budak-budak Afrika, yang harus menyamarkan beladiri sebagai tarian. Musiknya berasal dari drum dan instrumen lain yang membantu mengatur irama permainan. Terdiri dari dua peserta yang menggunakan permainan akrobatik seperti menendang, menyapu, dan puntung kepala. Teknik dan strategi adalah kunci agar permainan berjalan dengan baik.

7. Silat
Pencak silat atau silat adalah suatu seni bela diri tradisional yang berasal dari Indonesia. Pencak silat adalah olahraga bela diri yang memerlukan banyak konsentrasi.  Di Indonesia banyak sekali aliran-aliran dalam pencak silat, dengan banyaknya aliran ini menunjukkan kekayaan budaya masyarakat yang ada di Indonesia dengan nilai-nilai yang ada didalamnya.

8. Muay Thai
Sebagai olahraga nasional Thailand, Muay Thai seperti bisbol di Amerika(digemari dan dilakukan banyak orang). Walaupun hampir sama seperti kickboxing dari barat, beladiri ini sangatlah berbeda. Karena diperbolehkan untuk menggunakan pukulan, tendangan, menggunakan tulang kering, dan menyiku dalam serangannya. Olahraga ini telah mendapat perhatian dunia, dan sekarang terdapat sekolah Muay Thai di seluruh dunia.

9. Krav Maga
Beladiri ini dikembangkan di Israel dan telah diadopsi oleh unit militer dan kepolisian diseluruh dunia karena keefektifannya. Bela diri ini bukanlah sebuah olah raga dan bukan untuk kompetisi, tapi lebih fokus terhadap pertahanan diri yang diaplikasikan dalam kehidupan nyata. Krav Maga mengajarkan untuk mengabaikan gangguan dan menimbulkan kerusakan pada jarak dekat, membuatnya sangat efektif.

10. Tricking
Tricking adalah nama informal jenis akrobat berasal dari seni bela diri yang mencakup teknik yang ditemukan dalam senam , b-boying , dan disiplin yang sama. Contoh teknik dimasukkan meliputi 540 tendangan dari Taekwondo , yang memutar kupu-kupu dari wushu , dan kaki ganda dari capoeira. Olahraga ini bertujuan untuk menciptakan sebuah "campuran estetika membalik, tendangan, dan tikungan". berbeda dari seni serupa bahwa ekspresi dan eksplorasi lebih sangat disukai. Seorang individu yang praktek menipu biasanya disebut sebagai "Trickster" atau "Tricker".

Dari beberapa seni beladiri di atas saya sudah mencoba mengikuti/berlatih teknik" dasarnya. dan sekarang saya sedang menggulati dunia tricking walaupun tidak terlalu hebat. bagaimanakah dengan kalian ? sudah menduniai seni beladiri yang mana ?

Refrensi :
http://en.wikipedia.org/wiki
https://www.google.com/

1 comment:

  1. Efektif atau tidaknya suatu jenis aliran seni bela diri bergantung dari praktisinya
    sehebat apapun beladiri tersebut jika praktisinya malas berlatih maka tentu hasilnya tidak memuaskan
    Bergabunglah dengan www.bakatsuper.com untuk lebih mengenal khasanah dunia seni beladiri

    ReplyDelete