Saturday, April 18, 2015

Bagan Formal dari Profesi Teknologi Informasi ( IT ) beserta Penjelasan





OPERATOR

- Menangani operasi sistem komputer

Tugas :

o Menghidupkan dan mematikan mesin

o Melakukan pemeliharaan sistem komputer

o Memasukkan data

o Tugas biasanya bersifat reguler dan baku


TEKNISI KOMPUTER

- Memiliki kemampuan yang spesifik, baik dalam bidang hardware maupun software

- Mampu menangani problem-problem yang bersifat spesifik


TRAINER

- Melatih keterampilan dalam bekerja dengan computer


PENELITI

- Menentukan hal-hal baru di bidang TI

- Teori, konsep atau aplikasi


KONSULTAN

- Menganalisa hal-hal yang berhubungan dengan TI

- Menberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi

- Penguasaan masalah menjadi sangat penting


PROJECT MANAGER

- Mengelola proyek pengembangan software

Tugas :

o Menyakinkan agar pengembangan software

o Dapat berjalan dengan lancar

o Menghasilkan produk seperti yang diharapkan

o Menggunakan dana dan sumber daya lain seperti yang telah dialokasikan


PROGRAMER

- Kemampuan :

o Membuat program berdasarkan permintaan

o Menguji dan memperbaiki program

o Mengubah program agar sesuai dengan sistem


GRAPHIC DESIGNER

- Membuat desain grafis, baik itu web maupun animasi

- Perlu menguasai web design dan aplikasi berbasis web


NETWORK SPECIALIST

- Kemampuan :

o Merancang dan mengimplementasikan jaringan komputer

o Mengelola jaringan komputer

Tugas :

o Mengontrol kegiatan pengolahan data jaringan

o Memastikan apakah sistem jaringan komputer berjalan dengan semestinya

o Memastikan tingkat keamanan data sudah memenuhi syarat


DATABASE ADMINISTRATOR

- Mengelola basis data pada suatu organisasi

o Kebijakan tentang data

o Ketersediaan dan integritas data

o Standar kualitas data


SISTEM ANALYST AND DESIGN

- Melakukan analisis dan identifikasi terhadap sebuah sistem

- Membuat desain sistem berdasarkan analisis yang telah dibuat

- Keahlian yang diperlukan

- Memahami permasalahan secara cepat dan akurat

- Berkomunikasi dengan pihak lain.


Sumber : Link 1

No comments:

Post a Comment