Monday, January 21, 2013

PERUBAHAN DAN PERKEMBANGAN ORGANISASI ( IV )

Pengertian Perkembangan Organisasi ada bermacam-macam , yaitu :


a. Strategi untuk merubah nilai-nilai daripada manusia dan juga struktur organisasi sehingga organisasi itu dapat beradaptasi dengan dengan lingkungannya.
b. Suatu penyempurnaan yang terencana dalam fungsi menyeluruh (nilai dan struktur) suatu organisasi.
c. Peng. Organisasi merupakan suatu proses yang meliputi serangkaian perencanaan perubahan yang sistematis yang dilakukan secara terus-menerus oleh suatu organisasi.
d. Peng. Organisasi merupakan suatu pendekatan situasional atau kontingensi untuk meningkatkan efektifitas organisasi
e. Peng. Organisasi lebih menekankan pada system sebagai sasaran perubahan.
f. Peng. Organisasi meliputi perubahan yang sengaja direncanakan
Dari beberapa pengertian diatas,dapat kita simpulkan bahwa Pengembangan Organisasi merupakan program yang berusaha meningkatkan efektivitas keorganisasian dengan mengintegrasikan keinginan bersama akan pertumbuhan dan perkembangan dengan tujuan keorganisasian. Pengembangan organisasi (PO) sebagai suatu disiplin perubahan perencanaan yang menekankan pada penerapan ilmu pengetahuan dan praktek keperilakuan untuk membantu organisasi-organisasi mencapai efektivitas yang lebih besar. Para manajer dan staf ahli harus bekerja dengan dan melalui orang-orang untuk melaksanakan tugas-tugas mereka dan PO dapat membantu mereka membentuk hubungan yang efektif di antara mereka. Di dalam menghadapi akselerasi perubahan yang semakin cepat, PO diperlukan untuk bisa mengatasi konsekuensi-konsekuensi dari perubahan tersebut.
Pengembangan organisasi mengukur prestasi suatu organisasi dari segi efisiensi, efektifitas dan kesehatan :
1. Efisien dapat diukur dengan perbandingan antara masukan dan keluaran, yang mengacu pada konsep Minimaks (Masukan minimum dan keluaran maksimum).
2. Efektifitas adalah suatu tingkat prestasi organisasi dalam mencapai tujuannya artinya kesejahteraan tujuan yang telah ditetapkan dapat dicapai
3. Kesehatan organisasi adalah suatu fungsi dari sifat dan mutu hubungan antara para individu dan organisasi yaitu hubungan yang dinamis dan adaptabilitas

Sedangkan Perubahan Organisasi, yaitu :

Perubahan Organisasi sederhana adalah pembahasan tentang mengapa, kapan dan bagaimana organisasi melakukan perubahan (Hacth, 1997: 350). Organisasi berubah karena memang organisasi itu perlu untuk dirubah, bisa jadi karena adanya factor interlnal dan dan factor external.
Perubahan-Perubahan yang terjadi pada organisasi:
Perubahan yang terjadi dalam organisasi dibedakan menjadi dua golongan.
1. Karena Faktor yang telah direncanakan (Planned Change)
2. Karena Faktor yang tak terencanakan (Unplanned Changed)
Biasanya pembahasan mengenai factor yang tidak direncanakan, di dalam organisasi post modern, perubahan tersebut dianggap sangatlah penting.
Robbins S. P (1990:384) mengungkapkan bahwa perubahab terencana adalah berbagai upaya perubahan yang bersifat proaktif dan secara sengaja dilakukan oleh organisasi (proactive and purposeful change). Lalu yang menjadi pertanyaan mengapa disebut proaktif adalah karena biasanya pengelola organisasi melakukan yang selalu terencana untuk mengantisipasi tantangan yang akan dihadapi di masa mendatang.

source : google.com/co.id

No comments:

Post a Comment